ORARI Lokal Kabupaten Pemalang ikut serta Acara Doa Bersama Mengenang 7 tahun Tragedi Canggal

PEMALANG, 2 Juli 2024 – ORARI Lokal Kabupaten Pemalang ikut serta dalam Acara Doa bersama memperingati 7 tahun Tragedi Canggal Jatuhnya Heli Basarnas HR 3603 dalam misi Kemanusiaan di Temanggung diikuti oleh potensi SAR se Jawa Tengah dan Jogja dipimpin langsung Kakansar Kelas A Semarang Budiono, S.E, MM.

Adapan Acara dimulai
Senin, 1 Juli 2024
– 16:00 WIB Registrasi
– 19:00 WIB Doa Bersama
– 20:00 WIB Ramah Tamah

Selasa, 2 Juli 2024
– 06:00 WIB Apel Pemberangkatan
– 09:00 WIB Doa dan Tabur bunga
– 11:00 WIB Turun dan Selesai

Tujuh tahun lalu telah gugur delapan pejuang kemanusiaan di Gunung Butak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Tepatnya pada tanggal 2 Juli 2017 silam, delapan personel Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) gugur, dalam tragedi jatuhnya Heli Basarnas HR3602 jenis Dopang.

Saat itu, Heli Basarnas terbang dari Batang untuk membantu pengamatan dan evakuasi korban letupan di Kawah Sileri Dieng. Sekitar pukul 16.17 WIB, saat melintasi perbukitan Gunung Butak, Heli Basarnas terbang rendah dan jatuh hingga menyebabkan kru dan penumpang meninggal dunia.

Sementara, melansir laman tribratanews.jateng.polri.go.id, saksi mata kala itu melihat helikopter terbang rendah dengan bergoyang tidak stabil. Warga mengaku melihat salah satu penumpang melambaikan tangannya. Sesaat kemudian helikopter tersebut pun terjatuh di dalam hutan.

Kemudian, warga melapor ke Polsek dan melakukan pencarian dan ditemukan di hutan Mongso Gunung Butak yang merupakan hutan lindung. Sementara, berdasarkan informasi helikopter terbang dari Gringsing dan akan terbang ke Dataran Tinggi Dieng untuk membantu pertolongan korban bencana di Kawah Sileri yang mengeluarkan asap. Delapan orang terdiri dari kru heli dan penumpang meninggal dunia akibat jatuhnya Heli Basarnas HR3602 jenis Dopang. Lokasi di Desa Canggal Bulu, Candiroto di Gunung Butak, Temanggung, Minggu (2/7/2017) sore.

Berikut nama korban jatuhnya Heli Basarnas:

1. Kapt Laut (P) Haryanto
2. Kapt Laut (P) Solihin
3. Serka MPU Hari Marsono
4. Peltu LPU Budi Santoso
5. Budi Resty
6. Muhammad Afandi
7. Nyoto Purwanto
8. Catur Bambang Sulistyo

Doa bersama dan tabur bunga dihadiri 338 orang, 40 dari personil Basarnas Semarang dan 298 dari potensi SAR.

YD2KFP Dwi Sulistyawan Wakil Ketua ORARI Lokal Kabupaten Pemalang ikut serta dalam kegiatan tersebut bersama YG2BKE R Abdullah Musa Kordinator Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan ( FKP3 ) Pantura Barat yang meliputi Kabupaten Tegal , Kota Tegal, Kabupaten Pemalang, Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan , YG2BKZ Naenul Ator Kordinator FKP3 Kabupaten Pemalang, YG2BJL, YG2CAP juga anggota lainnya termasuk anggota ORARI milenia YD2CNU dan YG2BYR.

Disampaikan di tempat terpisah oleh YC2KQT dr H Agus Yulianto Prabowo Ketua ORARI Lokal Kabupaten Pemalang : Terimakasih kepada anggota ORARI Lokal Kabupaten Pemalang yang turut berpartisipasi dalam kegiatan Doa bersama dan mengenang gugurnya pahlawan kemanusiaan.

ORARI Lokal Kabupaten Pemalang……OYE

Lihat Artikel Sumber