ORARI Lokal Kabupaten Pemalang Survey Lokasi untuk Repeater

PEMALANG. Senin, 6 Mei 2024. Guna meningkatkan peran Amatir Radio dalam pengabdian masyarakat , utamanya dalam kegiatan Dukungan Komunikasi pada Operasi SAR dan Kesiapsiagaan Bencana, mengingat Kabupaten Pemalang adalah daerah rawan bencana angin, tanah longsor dan banjir .
Untuk diketahui Tahun 2022 , Indeks Resiko Bencana Kabupaten Pemalang berada pada posisi urutan 298 nasional dan urutan 11 regional provinsi Jawa Tengah.
Oleh karena itu, ORARI Lokal Kabupaten Pemalang pada hari Sabtu, 4 Mei 2024 melakukan survey mencari titik lokasi koordinat Repeater yang sebelumnya dilakukan melalui peta topografi.
Tujuan survey untuk mendapat lokasi pemasangan repeater yang dapat dijangkau dengan alat komunikasi jinjing (HT), diseluruh Desa dan Kelurahan di wilayah Kabupaten Pemalang.
Survey dipimpin langsung oleh Ketua ORARI Lokal Kabupaten Pemalang YC2KQT dr. H. Agus Yulianto Prabowo dan YC2EER Totok Ery Sukamto DPP Orari Lokal Kabupaten Pemalang, dengan menggunakan radio Base Station , untuk koordinasi dengan teman teman ditempat yang sebelumnya tidak dapat terjangkau oleh Repeater ORARI Lokal Kabupaten Pemalang YH2BBR 146.800 MHz duplex – 600 KHz , yang ditempatkan di Dukuh Kacip Desa Batursari Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang .

https://goo.gl/maps/W95M4xosmZH2R3wT6

Sebagai koordinator survey lapangan :
Wakil Ketua ORARI Lokal Kabupaten Pemalang YD2KFP Dwi Sulistyawan , bersama anggota YD2IKD, YG2ASO, YD2IYM, YG2ATM, YG2AYD dan teman teman muda Potensi CORE ORARI Lokal Kabupaten Pemalang
Dwi Ramsi Amzi (19 tahun) dan Saesario Eska Prabowo dari SMK Pelayaran Baruna Putra Petarukan , yang rencana pada tanggal 19 Mei 2024 akan mengikuti Ujian Negara Amatir Radio di Pemalang , serta
Mohamad Ghofarul Ikhsan dari SMK N 1 Pemalang , Rafi Ahmad dari SMAN 2 Pemalang , Angga K.A dari Randujajar Rescue Potensi CORE yang masih mengikuti pembinaan ORARI Lokal Kabupaten Pemalang.

Survey berhasil menemukan lokasi yang dapat untuk berkomunikasi dengan tempat tempat yang sebelumnya tidak bisa berkomunikasi menggunakan fasilitas Repeater YH2BBR, seperti wilayah Kecamatan Watukumpul, Desa Jurangmangu dan Gunungsari meski satu Kecamatan dengan lokasi Repeater YH2BBR.
Selain hasil survey tersebut diatas tercapai , juga berhasil berkomunikasi Direct dengan
menggunakan HT antena stick, pada freqwensi 145.120 MHz dengan Amatir Radio di Kecamatan Maos , Pasir Sidodadi Kabupaten Cilacap , Petanahan Kabupaten Kebumen, Reban Kabupaten Batang , Jl Indraprasta Kota Semarang, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Rencana Survey kedua segera dilaksanakan dengan menggunakan peralatan yang lebih komplit dan dilaksanakan lebih detail bersama dengan team yang lebih lengkap.

dr. Bowo YC2KQT Ketua ORARI Lokal Kabupaten Pemalang dalam arahannya menyampaikan : terimakasih kepada semua teman teman yang selalu semangat memberikan yang terbaik dalam meningkatkan pengadian kepada masyarakat , melalui Orari Lokal Kabupaten Pemalang .

ORARI Lokal Kabupaten Pemalang …… OYE

Kontributor Berita :

DWI SULISTYAWAN

Callsign

Lihat Artikel Sumber