Amatir Radio Portable Bali Bangkitkan Parawisata Melalui DX-Pedition

Anggota ORARI yang tergabung dalam Amatir Radio Portable Bali, menggelar kegiatan Beaches On The Air (BOTA) dan Temple On The Air (TOTA) di Pantai dan Pura Goa Lawah, Kabupaten Klungkung, Bali, Minggu (31/7/2022).

Destinasi wisata Pantai Goa Lawah yang terletak di Kawasan Klungkung ini, juga berdekatan dengan objek wisata lainnya yaitu Pura Goa Lawah, sehingga 2 kegitan tersebut dapat terlaksana dengan baik dalam satu hari.

Ketua ORDA Bali, I Gusti Ngurah Agung (YB9AG), mengutarakan kegembiraannya atas purnanya kegiatan ini. “Kami selalu berkoordinasi dengan Dinas Parawisata dan Kebudayaan setempat, disetiap kegiatan yang serupa. Sudah sejak lama ORARI bekerja sama dengan pemerintah untuk membangkitkan parawisata”. Selain mengucapkan terimakasih kepada panita penyelenggara serta Amatir Radio yang telah berpartisipasi, Agung juga menghimbau, “Agar rekan-rekan radio amatir yang gemar dengan DX-Pedition, untuk terus menjelajahi, serta memancarkan tempat-tempat menarik di kewilayahannya melalui gelombang radio”. Imbuhnya.

Ketua Penyelenggara kegiatan, Suhariyanto (YC9BQM), dari ujung telepon menyampaikan, “ Ada 1.043 peserta (chasers) yang ikut serta dalam kegiatan yang dimulai dari Pukul 08.30 – 21.30 WITA. Jumlah activators yang mengaktivasi kegiatan ini ada 8 orang (BOTA: 6, dan TOTA: 2 orang). Pada kegiatan ini kami memakai Wire Dipole Antenna untuk memancar di frekuensi 40m.  Tempat untuk kegiatan ini juga cukup nyaman dan strategis, kami bisa melangsungkan dua kegiatan sekaligus. Suhariyanto menambahkan, “ Kegiatan ini banyak memberi manfaat pada rekan-rekan kami yang baru bergabung di ORARI. Selain belajar mengoperasikan Radio HF, mereka juga belajar menjadi operator, terutama cara mengatasi pile up (penumpukan) saat pemanggilan untuk masuk ke frekuensi. Kami juga mencanangkan kegiatan yang sama dalam waktu dekat”. Pungkasnya.

YD1RDH/MU

Lihat Artikel Sumber