WSPR – tools membaca propagasi lokal pada HF band

WSPR merupakan kependekan dari Weak Signal Propagation Reporter atau umum disebut dengan Whisper adalah salah satu protokol komunikasi para amatir radio yang dilakukan dengan cara mengirim dan menerima low-power signal(200-300mW) dengan tujuan untuk mengetahui potensi lintasan propagasi gelombang radio pada band MF dan HF(dalam hal ini penulis berexperiment dengan HF band). Bentuk informasi yang dikirimkan adalah identitas sinyal yang berupa data beacon (terdiri dari data callsign, power, dan grid locator atau koordinat GPS pada transmitter) yang dimodulasi menggunakan 4-FSK (Frequency Shift Keying). Ketika ada stasiun radio lain yang dapat menangkap propagasi sinyal WSPR, maka stasiun tersebut akan secara otomatis mengunggah report data pengukuran sinyal WSPR ke sebuah server database jika stasiun tersebut memiliki akses internet.

Propagasi umumnya saat ini dimonitor menggunakan web propagation reporter yang umum bisa dilihat pada website www.hamqsl.com, atau menggunakan API yang ditempelkan pada masing-masing website amatir radio.

dengan bentuk yang umum seperti gambar dibawah, dalam membaca parameter HF cukup melihat HF conditionnya fair, good, poor etc.

Hal ini kurang informatif dikarenakan sifatnya seperti ramalan cuaca, disamping itu juga HP propagation pada gambar kurang memberikan informasi yang detail dalam bentuk map maupun grafis terhadap spot transmit yang sudah didapatkan.

Metoda baru dalam membaca Propagasi HF adalah melalui website http://wspr.aprsinfo.com ataupun http://wspr.rocks, banyak informasi yang bisa kita dapatkan dari link tersebut dan cukup informatif baik secara tabel, grafik maupun mapview-nya.

Saat ini Amatir Radio YB Area mempunyai 1 WSPR Beacon Node yang realtime online 24 jam, sehingga dapat memberikan detail informasi tentang propagasi Amatir Radio pada HF Band secara realtime pula, data bisa kita collect secara past time baik 10 menit, 1 jam, 4 jam, 8 jam dan seterus-nya bahkan sampai dengan 5 minggu kebelakang.

Bagaimana cara collect informasi propagasi secara real time ?

buka website http://wspr.rock, akan muncul tampilan kurang lebih seperti dibawah :

pada kolom TX call, diisi dengan callsign YC3RDW, duration collect data Beacon bisa kita pilih ideal di 10 menit s/d 4 jam untuk mendapatkan gambaran realtime condition propagasi pada YB area khususnya sekitaran area 3 tempat Beacon WSPR aktif.

informasi apa saja dari WSPR Beacon yang bisa kita dapatkan ?

yang umum adalah TX band dan jangkauan-nya beserta callsign yang bersumber kepada stasiun pemancar maupun stasiun penerima, info ini bisa berupa text dalam bentuk tabel maupun mapview(lebih memudahkan analogi secara cepat).

kita juga bisa klik tab CHART untuk melihat detail informasi WSPR Beacon sesuai dengan yang kita inginkan :

dan sebagian hasil yang bisa dicollect adalah sebagai berikut :

SPOT QUALITY

FREQUENCY vs DISTANCE

dan masih banyak lagi informasi yang bisa kita collect dan tampilkan untuk kebutuhan propagasi, ilmu pengetahuan bahkan untuk flight positioning terhadap penerbangan komersial bilamana ADS-B VHF sudah tidak bisa menjangkau lagi.

Bagimana WSPR Beacon diinstall ?

WSPR Beacon bisa menggunakan appliance ataupun WSJT-X yang kita connect via CAT interface dengan menggunakan transceiver, dalam hal ini penulis menggunakan WSPR BEACON Appliance, hal ini dikarenakan penulis mendapatkan kesempatan untuk on WSPR Beacon di Indonesia, beberapa kemudahan WSPR Beacon appliance adalah tidak memerlukan PC/komputer, otomatis berpindah band sesuai dengan setting firmware yang kita kehendaki dan yang terakhir adalah low-power.

software untuk setting firmware juga disediakan cukup terhubung dengan com port PC untuk setting awal, setelah itu bisa dedicated menggunakan DC micro USB.

Board WSPR Beacon Transmitter juga dilengkapi LPF multiband sesuai dengan setting-an diatas, sehingga bisa all in one beacon secara otomatis. GPS Modul juga ditambahkan untuk input location pada web sehingga bisa diketahui secara presisi posisi beacon-nya.

Semoga bisa menambah pengetahuan bagi rekan-rekan Amatir Radio di Indonesia dan Dunia, Salam 73 de YC3RDW.

Lihat Artikel Sumber