Cerita Unik BOTA Pantai Menganti


ORARI(24/6). Kegiatan Beaches On The Air berhasil dilaksanakan dengan kerjasama yang apik antara ORARI Lokal Kota Salatiga dan YOTA ODJT. Kegiatan yang pertamakali digagas oleh Pengurus dan anggota ORARI Lokal Kota Salatiga yaitu YC2IOF, YB2CPO, YC2PHS, YC2MBG dan YD2CRO berhasil dilaksanakan dengan baik. Tidak hanya semata-mata untuk mengaktivasi pantai yang ada di Jawa Tengah namun juga untuk meningkatkan solidaritas dan kemampuan setiap orang yang mengikuti kegiatan ini. Hal lain yang menjadi tujuan dari perjalanan panjang ini yaitu ORARI Lokal Kota Salatiga ingin mengantar YC2LLT kembali ke Kota Gombong setelah berhasil menyelesaikan kuliahnya di Kota Salatiga.

Cerita panjang dimulai dari keberangkatan ORARI Lokal Salatiga dan YOTA ODJT dari Kota Salatiga pukul 08:30 WIB. Selama perjalanan dari Salatiga hingga ke Gombong empat mobil yang berangkat bersama selalu melakukan komunikasi melalui radio. Standby Frequency selama perjalanan yaitu di 145.360 MHz yang berguna untuk saling berkoordinasi baik mengenai arah maupun kondisi lalu lintas. Selain gurauan ringan yang menemani perjalanan berbagai informasi mengenai lalu lintas dan cuaca dari anggota YOTA dari ORARI Lokal Purworejo yaitu YD2AFO juga ikut melengkapi perjalanan ini. Hal ini menunjukan bentuk kepedulian dan solidaritas yang tinggi diantara para anggota YOTA ODJT walaupun tidak mengikuti kegiatan secara langsung.

Perjalanan memakan waktu sekitar 4 jam yang dipenuhi canda dan tawa akhirnya sampai di Kota Gombong. Sesampainya di Kota Gombong rombongan tidak langsung menujun Pantai menganti namun singgah terlebih dahulu di kediaman YC2DMG. Sesampainya di sana ternyata sudah ada anggota YOTA ODJT yaitu YD2COR dan YD2CXC yang merupakan anggota YOTA ODJT dari Banyumas dan beberapa anggota ORARI Lokal Gombong yang sudah menunggu. Jamuan makan ala pedesaan pun ternyata sudah disiapkan oleh YC2DMG yang merupakan orang tua dari YC2LLT untuk menyambut rombongan yang datang. Tidak lama setelah rombongan dari Kota Salatiga sampai rombongan Ketua ORARI Daerah Jawa Tengah Bapak YB. Praharto YB2BZ datang dari Purwokerto bersama Bapak Sri dan Bapak Tony YC2LDJ.

Makan siang selesai dan cek ulang perlengkapan serta keperluan sudah terpenuhi semua maka perjalanan kembali dilanjutkan. Sekitar pukul 15:30 WIB rombongan BOTA yang terdiri dari Pengurus ORARI Daerah Jawa TengahYOTA ORARI Daerah Jawa TengahORARI Lokal Kota SalatigaORARI Lokal Gombong, dan ORARI Lokal Kab. Banyumas tiba di Pantai Menganti. Memasuki wilayah Pantai Menganti rombongan berhenti di pintu Gerbang atau Loket Tiket untuk mengkonfirmasi kegiatan BOTA. Sebelum kegiatan ini dilaksanakan ORARI Lokal Kota Salatiga sudah berkoordinasi dengan Perhutani KKPH KEDU Selatan bahwa akan melakukan kegiatan BOTA. Perhutani KKPH KEDU Selatan menyambut dengan baik dan sangat mendukung kegiatan ini terutama karena dapat mempromosikan lokasi wisata Pantai Menganti.

Acara langsung dimulai dengan pendirian tenda dan antenna mulai dari antena HF hingga VHF. Pendirian antenna belum sempurna tiba-tiba cuaca menjadi mendung dan angina mulai terasa dingin dan benar seperti dugaan para peserta hujan lebat langsung mengguyur lokasi BOTA. Peserta berlarian menyelamatkan diri dan perangkat agar tidak terkena air hujan. Hujan yang sangat lebat membuat beberapa perangkat seperti radio, power supply, dan tuner tetap basah terkena air. Namun semangat yang tetap tinggi membuat peserta tidak patah arang. Ketika hujan mulai reda semua peserta kegiatan mulai lagi mempersiapkan antenna dan perangkat, sebagian juga mulai menyiapkan hidangan makan malam.

Propagasi yang kurang menguntngkan tidak membuat para operator menjadi patah semangat justru menjadi pemicu untuk terus berusaha melakukan aktivasi. Secara bergantian operator terus memancar baik di 80 meter band, 40 meter band, 20 meter band, dan 2 meter band. Banyaknya pastisipasi dari anggota amatir baik dari Indonesia maupun luar negeri membuat kegiatan semakin menyenangkan. Dinginnya angin malam pantai terobati dengan canda gurau dan kopi panas yang terus dihidangkan oleh para ibu-ibu dan anggota perempuan di camp ground.

Malam semakin larut namun rasa penat masih belum terasa diantara para anggota amatir yang mengikuti kegiatan ini. Semakin malam justru kegiatan semakin asik dengan adanya kegiatan memanggang ayam, tahu, dan tempe bersama-sama. Canda gurau mengiringi bejalannya waktu malam hingga berganti hari. Tidak terasa cahaya mentari pagi mulai menyonsong dari ufuk timur yang menampilkan keindahan alam karya Tuhan. Sebagian anggota menikmati sunrise dengan secangkir kopi hangat di tangan dan sebagian lagi mulai sibuk dengan handphone di tangan untuk mengabadikan momen.

Matahari mulai meninggi dan terang menggantikan gelapnya malam yang menjadi tanda bahwa kegiatan harus disudahi dan mulai berkemas. Ada satu hal yang menjadi pusat perhatian lain yaitu ketika Bapak Muchsin YD2CFY mulai mengeluarkan senjatanya yaitu kameranya dan menyiapkan tempat sederhana dengan background bentang alam. Ya, benar saja beberapa anggota amatir mulai dipanggil untuk diajak melakukan dialog mirip seperti podcast namun kali ini di alam bebas. Mulai dari Ketua ORARI Lokal Kota Salatiga, lalu Bapak Partono YB2CPO yang merupakan senior diantara kita, Bapak Mustofa YC2PHS yang merupakan anggota Perhutani yang sudah berjasa besar menyiapkan tempat hingga Ketua dan Koor. Keanggotaan YOTA ODJT.

Setelah semua kegiatan selesai dan berbenah sudah rampung dilakukan maka yang selanjutnya adalah kembali ke rumah masing-masing. Pukul 09:00 rombongan mulai beranjak dari pantai Menganti menuju ke kediaman YC2DMG terlebih dahulu untuk berpamitan dan mengantar beberapa anggota YOTA ODJT dari Gombong pulang. Setelah menikmati kopi dan the hangat yang sudah disiapkan pukul 10:30 Anggota ORARI Lokal Kota Salatiga beranjak pulang kembali ke Kota Salatiga. Perjalanan yang panjang dan udara yang cukup panas membuat rombongan mampir sejenak di Dawet Ireng Jembatan Butuh Purworejo atau yang biasa dikenal Dawet Ireng JemBut. Perjalanan kembali dilanjutkan dengan penuh canda gurau di radio hingga tak terasa sudah sampai kembali di Kota Salatiga pukul 15:00 WIB.

Dari kegiatan BOTA kali ini mengajarkan ke kita semua bahwa kegiatan amatir tidak hanya dapat melatih kemapuan setiap anggota baik secara hard skill maupun soft skiil. Kegiatan seperti ini dapat meningkatkan rasa persaudaraan dan solidaritas yang kuat diantara para peserta. Rasa persaudaraan dan solidaritas yang kuat dapat meningkatkan kualitas organisasi karena kekompakan anggota di dalamnya. Tentunya tidak hanya itu kegiatan seperti ini juga dapat membantu pemerintah dan masyarakat karena lokasi wisata yang dipromosikan menjadi semakin terkenal dan dapat mendatangkan rezeki bagi masyrakat sekitar.

Sekian cerita kali ini semoga dapat menginspirasi dan menjadi contoh bagi anggota amatir dimanapun berada.(\2LLT)

Terimakasih sudah membaca. See you in the next event. 73.

sumber /foto: https://oraridaerahjateng.or.id/

Bagikan Artikel ini :

Lihat Artikel Sumber