Ketua ORARI Daerah Jawa Barat Akan Hadiri SES 8A379CMS


CIAMIS,- Ketua Orda Jabar, Ir. H. Yana Koryana, MP –YB1AR dan jajaran pengurus Orda Jabar dipastikan hadir dalam acara Special Event Station (SES) dengan callsign 8A379CMS dalam rangka Hari Jadi ke-379 Kabupaten Ciamis yang akan berlangsung selama tiga hari, Kamis-Sabtu (10-13/06/2021).

Kepastian tersebut diungkapkan Ketua Orlok Kabupaten Ciamis, Asep S Kodari –YC1OYJ didampingi Ketua Pelaksana SES 8A379CMS, Budi Lukmansyah –YC1BBT saat meninjau persiapan pelaksanaan SES di Sekretariat Orlok Kabupaten Ciamis, di Gd Pramuka, Jalan A Yani No. 134 Ciamis, Rabu (09/06/2021).

Menurut Asep –YC1OYJ, kegiatan SES 8A379CMS merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan Orlok Kab. Ciamis dalam memperingati Hari Jadi Ciamis.

“SES 8A379CMS ini yang pertama bagi Orlok Kab Ciamis, dan kami sudah berkoordinasi dengan Pemkab Ciamis agar kegiatan ini diagendakan setiap tahun, dan menjadi bagian dari rangkaian Hari Jadi Ciamis,” tegasnya.

Menurut Asep –YC1OYJ, kehadiran pengurus Orda Jabar yang langsung dipimpin Ketua Orda, akan memberikan motivasi tersendiri bagi anggita Orlok Ciamis untuk lebih aktif dan kreatif.

Diakuinya, kegiatan SES hari pertama juga akan dihadiri oleh Ketua DPRD Ciamis, H. Nanang Permana, SH –YD1GNP, hari kedua oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra –YD1PTR dan hari terakhir bertepatan dengan Haru Jadi Ciamis, 12 Juni akan dihadiri oleh Bupati Ciamis, Dr. H Herdiat Sunarya –YD1BPT.

Sementara Ketua Pelaksana SES 8A379CMS, Budi Lukmansyah –YC1BBT mengakui, SES merupakan salah satu bentuk kegiatan komunikasi yang dilaksanakan oleh ORARI dalam bentuk komunikasi radio baik regional, nasional maupun internasional dalam memperingati hari-hari tertentu.

“Dalam rangka HUT Kabupaten Ciamis ke 379, kami mengelar SES dengan tanda panggil 8A379CMS untuk memperkenalkan Kabupaten Ciamis ke dunia International melalui amatir radio, terutama memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Dijelaskan Budi –YC1BBT SES 8A379CMS yang akan berangsung selama tiga hari itu terbagi dalam tiga band dan frekuensi, mulai pukul 17.00 WIB atau pukul 10:00 UTC. Hari pertama memencar di band VHF dengan frekuensi 145.560 MHz, hari kedua HF 80 Mater (3.850 MHz) dan hari ketiga di HF 40 Meter memencar dengan frekuensi 7.135 MHz.

“Dalam SES 8A379CMS tahun ini kami mencoba cukup dengan tiga band saja, mudah-mudahan kedepannya kami bisa menggelar all band. Sementara untuk peserta selain anggota amatir radio dalam negeri kami juga mengundang anggota radio amatir seluruh dunia yang bisa masuk menghubungi operator kami,” jelasnya. (Yun –YD1EQA)*

Bagikan Artikel ini :

Lihat Artikel Sumber